Powered By Blogger

Minggu, 08 November 2009

Etika Menulis di Internet

Oleh : Prastyo

http://pras.ngeblogs.com/2009/10/02/hello-world/


ETIKA MENULIS DI INTERNET


1. Menulis secara pendek dan dengan kata-kata yang baik
Hindari menulis tulisan yang sangat panjang. Melihat tulisan yang panjang biasanya membuat orang malas membacanya, sehingga bisa jadi baru dibaca pada sore atau bahkan keesokan harinya. Anda harus tahu, kapan waktunya harus berbicara langsung dengan orang yang Anda tuju dengan mendatanginya atau cukup melalui telepon.

2. Tulis isi tulisan dengan jelas
Ungkapkan maksud Anda dengan jelas. Perjelas mengenai hal yang diprioritaskan dan hal yang harus dikerjakan. Sertakan tombol jawaban agar Anda tahu bahwa tulisan Anda sudah dibaca dan dimengerti oleh orang yang dituju.

.

3. Batasi email humor
Muka yang tersenyum memperlihatkan bahwa Anda sedang membaca sesuatu yang lucu. Tetapi terlalu banyak tersenyum akan mengganggu pada waktu Anda harus menulis tulisan yang serius. Beberapa perusahaan melarang mengirimkan tulisan yang berisi lelucon karena mengganggu waktu bekerja Anda.

4. Belajar menulis tulisan yang baik
Menulis tulisan yang baik memerlukan latihan. tulisan harus memiliki beberapa peran dalam komunikasi Anda, apakah dengan para pegawai, teman usaha, atau dengan yang lainnya. Anda harus menyadari, tidak semua orang ataupun pegawai bisa bertemu muka dengan Anda secara teratur sehingga tidak dapat disalahkan bila mereka memberikan penilaian tertentu terhadap cara Anda menuliskan tulisan.

5. Gunakan bahasa yang baik
Hindari kesalahan mengetik dan penggunaan kata-kata yang berantakan serta kata-kata klise.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar